Jumat, 30 Januari 2009

Fakta Seputar Warna Madu

Jika anda biasa mengkonsumsi madu yang dibeli toko, apotik maupun supermarket, maka anda biasa mendapati warna madu yang hampir seragam dari yang berwarna bening kecoklatan muda hingga kecoklatan tua. Begitu pula yang anda pikirkan bahwa semua madu berwarna demikian. Tetapi tahukah anda bahwa warna madu pada dasarnya beraneka ragam mulai berwarna putih bening hampir sebening air hingga putih susu, putih tulang, putih kecoklatan, krem, oranye, oranye kemerahan, coklat muda, coklat tua, hitam, hijau muda hingga hijau tua. Sebagaimana firman Allah SWT " dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya .." QS 16:69-69. Yang menjadi pertanyaan benarkah warna madu bermacam-macam? Dan apakah semuanya aseli ? Eiiit jangan curiga dulu..................Warna dan rasa madu dapat bermacam-macam disebabkan oleh beberapa hal:
Pertama, sumber nektar tanaman bunga yang dihisap oleh lebah berbeda-beda seperti madu yang dihasilkan dari nektar pohon karet, kapuk randu, biasanya berwarna coklat muda dan bening , sedangkan madu dari nektar pohon mangga dan mahoni biasanya berwarna hitam (gelap), madu dari nektar tanaman bunga-bungaan seperti melati, tanaman lobak, berwarna putih, madu dari nektar kaliandra, willow berwarna kehijauan. Bahkan sering dijumpai madu yang berasal dari nektar pohon yang sama (randu) akan tetapi karena berbeda wilayah asalnya maka dihasilkan rasa yang berbeda dan warna yang berbeda contohnya madu randu dari Pati sedikit berbeda (warnanya) dengan madu randu dari Magelang,
Kedua, kandungan mineral dalam tanah antar satu wilayah dengan wilayah lain berbeda, sehingga menghasikan rasa dan warna yang berbeda pula menurut penelitian madu berwarna gelap mengandung mineral lebih tinggi (mangan, zat besi dan seng) sehingga baik untuk penderita anemia, ibu hamil, atau untuk meningkatkan Hb.
ketiga, Iklim dan cuaca berbeda juga turut mendukung warna, rasa serta kekentalan madu.
Jadi, jangan buru-buru curiga terhadap keaslian madu karena warna, rasa, aroma yang bervariasi. Itulah kekuasaan Allah SWT, bahwa dari tanaman yang berbeda keluar madu yang bermacam-macam warnanya (AL An'am 68-69)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar