Jumat, 30 Januari 2009

Kandungan Nutrisi Madu

Mengkonsumsi teh, susu, atau bahkan kopi sekalipun ditambah gula merupakan hal yang lumrah bagi kita semua. Tetapi tahukah anda bahwa menambah gula dalam minuman kita hanya memberikan manfaat sedikit yaitu memberikan kalori bagi sumber energi plus rasa manis. Sebaiknya anda mulai mengganti sesendok atau dua sendok makan gula dengan madu.
Mengapa demikian? Ternyata selain madu memberikan rasa manis pada minuman anda serta sejumlah kalori (energi) bagi tubuh anda, madu memberikan ekstra manfaat bagi yang mengkonsumsinya. Dengan madu maka anda akan memperoleh manfaat sebab antibakteri, antivirus dalam madu mengandukng hidrogen peroxida, tekanan osmotik dan asam yang mampu menekan pertumbuhan bakteri dan virus. Dengan madu anda akan memperoleh manfaat antioksidan sebab madu memiliki kandungan antioksidan chyrosin, pinobonksin,vitamin C, catalase dan pinocembrin (merupakan satu-satunya zat antioksidan yang hanya terdapat pada madu).
Dengan madu kita mengkonsumsi 15 jenis mineral : seng, fosfor, kalsium, kalium, asam folat, dll dan 3 jenis vitamin. Menurut penelitian USDA (United State Nutrional Database & National Honey Board USA) bahwa nilai kalori madu 3280 kal/kg. Berarti 1 kg madu setara dengan 50 butir telur, 5.7 liter susu, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4 kg kentang dan 1.68 kg daging.
Jika setiap hari dua sendok makan gula kita ganti dengan madu, maka kita tidak perlu mengkonsumsi lagi aneka suplemen mutivitamin kimiawi karena mulivitamin dan mineral yang kita butuhkan telah terdapat dalam madu plus antioksidan dan antivirusnya.
Luarrr biasa....... Sama-sama manis rasanya yang satu memberikan manfaat minimalis yang satu lagi memberikan manfaat maksimal. Mulailah mengganti sesendok gula dengan sesendok madu, anda akan merasakan manfaatnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar